Rabu, 02 Agustus 2017

Judulnya provokatif, asli deh!

Misal nih yaa, kamu dikasih uang buat shoping bebas buat beli buku boleh, baju mangga, pernak-pernik rumah apalagi. Nah kamu dikasih 1 juta kira-kira abis ga? Kalau aku habis yaa, kamu juga kan 😁😜. Kalau misal ditambah jadi dua juta, kira-kira abis ga? Kalau aku ya abisin, lha kamu 😁?
Atau diganti deh dikasihnya ATM dengan limit 10x gaji bulanan trus disuruh belanjain sampe habis, yakiiin nyisa Sis 😜?

Huhuhu ngakuu deh ngakuu ngabisin uang, tabungan atau isi ATM (sami mawon phodo wae 😁) itu perkara gampang.. Segampang wapri via whatsApp kontak-kontak olshop yang ada di HP dan berondong mereka dengan wishlist buku yang kamu mau... Hahaha tertawa bahagia membayangkan dus-dus berisi buku diantar amang-amang  ekspedisi 😁, trus manyun lihat saldo ATM yang menipiis. Aissh curhatnya kepanjangan ya..

Jadiiii dari dua paragraf diatas, setujuu kan perkara menghabiskan uang itu mudah 😎😎😎 ya kan ya kan?? #iyain aja biar cepet 😜😂. "Habiskan saja gajimu". Whaaat?? Seriuus, kagak salah nih buku, lha niatnya pan cari buku biar bisa ngatur dapur keluarga ngebul, jalan-jalan hayuk, sedekah jalan, tapi paling utama biar bisa belajar nabung (pas beli buku ini, niat bangeet beli rumah).. Eitt usut punya usut, setelah mampir bab pertama kagak salah pilihan mata & hati ke karyanya Ahmad Gazali ini.

Masa lalu.. Oh masa lalu (trus joget-joget 😂😜).. Dulu aku termasuk golongan orang yang pengen punya tabungan dari *SISA* (catet! ) pendapatan dikurangi pengeluaran bulanan. Dan setelah berbulan-bulan saldo akhir bulan tipis. Hitungan sisa uang diatas kertas sudah berubah bentuk jadi macam-macam (yang jelas bukan tabungan yak!😢😢).

Alhamdulillah dengan kiat sederhana, iyes simple dari Om Gazali, cukup signifikan perubahannya. Mau tahu kiatnya? Let's chek it out 😉.

Pertama, ubah mindset prioritas Sis 😎.
Maksudnya? Kalau dulu urutan pengeluaran kita itu : biaya hidup (makan, listrik, pulsa, jajan, uang sekolah, dll), pengeluaran sosial (zakat, infak, sedekah, dll), cicilan hutang, dan saving. Naah pan,  saving terakhir alias sisa. Nyatanya susah yak buat dapet sisa di akhir bulan 😢😯😑 ini mah aku, bukan kamu 😅. So, urutannya diubah.. (Besarannya bisa bertahap itu mah 😁).

Rumusnya diubah yaa :
1. Pengeluaran sosial
2. Cicilan hutang (kalau ada)
3. Saving
4. Biaya hidup.

Bulan pertama nerapin rumus diatas, alhamdulillah sukses dong 😍🙌🙌. Yaa walaupun nilai savingnya hanya sekian persen dari pendapatan, sukses kecil teteup aja dibilang "berhasil" kan 😎. Koq bisa sih berhasil? Mau tahu atau mau tahu bangeet?? #mintadijitak ini mah 😝😝😝. Rahasianya adalaaah....







































Jadiii dihalaman tiga puluh  Om Gazali bilang, "Uang diciptakan untuk dibelanjakan...", nah di halaman tiga puluh tiga diikrarkan mari " Menghabiskan uang dijalan yang *BENAR* ".. Ubah mindset heula.. Menghabiskan itu aktivitas yang nyenengin ya ya ya?? So, saat dapet pendapatan langsung deh bagi sesuai urutan diatas. Berlaku buat yang dapet gajinya bulanan, mingguan atau bahkan harian yes 😎. Gimana?? Masih kurang jelas?? Buruan giih beli bukunya, baca sendiri resapi dalam-dalam sambil minus es teh segelas 😂. Eh mau pinjam aku juga boleh lho..

Judul buku : Habiskan Saja Gajimu
Penulis : Ahmad Gozali
Penerbit : Transmedia
Halaman : 174 halaman
Cetakan : 2, 2013