Minggu, 05 Februari 2012

Membangun tim..

Dalam bekerja lebih banyak kita dihadapkan dengan kerjasama dalam tim.. Secara 2 orang aja tetap disebut tim, nah butuh komunikasi yang cair, trust alias saling percaya dan saling pengertian. Tanpa semua hal itu adalah hal yang super duper sulit bin mumet untuk mencapai "goal" yang ingin kita raih.. Disini peran seseorang yang mampu menjadi leader --> mengetahui potensi masing2 anggota dan mengoptimalkannya.

Agak geregetan dengan tulisan diatas, pengen dilanjutin ga ketemu alurnya, ga dilanjutin koq ya kebangetan! Bingung?? Lebih baik sharing pengalaman aja deh;). Jadi leader itu berat (pasti lah ya!) tapi ternyata jadi anggota tim yang baik(ga ngerecokin, bisa mendukung sesama anggota dan terlaksananya kesepakatan bersama) ga mudah juga. Why?? karena kita dituntut untuk menurunkan ego saat kesepakatan yang diputuskan ga sesuai dengan pemikiran kita, trus kita juga harus siap dengan berbagai karakter sesama anggota (ada loh yang tadinya temen trus karena jadi satu tim dalam kerjaan eh malah akhirnya musuhan karena salah paham or sama2 berat di ego masing2..tunjuk tangan deh aq, pernah soalnya..hiks. Sekarang mah dah baikanlagi ;)). 
Yang namanya kerja pasti lah ada suka dukanya. Gitu juga dengan kerja tim diluar kesusahan yang kupaparin diatas, banyak juga sukanya. Contoh dengan kerja tim, kerjaan yang terasa berat dikerjain sendiri jadi lebih mudah. Trus yang paling kerasa pas kita lagi ada keperluan dan harus ga masuk kantor, jadi ada yang ng-handle kerjaan kita.(contoh liburan kemarin;) he..he..)
Yang paling susah saat kerja tim itu ya (buatku) mahamin karakter masing2 anggota & leader, agar bisa bangun komunikasi yang baik, menumbuhkan kepercayaan dan akhirnya terbentuk saling pengertian. Apalagi jika dalam satu tim itu ada salah satu yang pernah bermasalah secara pribadi dengan kita, efeknya banyak loh klo kita tidak berusaha dengan amat sangat untuk obyektif.(betul??) 
Nih tulisan udah panjang tapi ga ada tipsnya!. He..he.. namanya juga sharing yak, cerita pengalaman aja kan boleh.;). Yang aq rasain banyak membantu dalam kerja tim itu : (catat sodara2 )

  1. Ada kemauan kuat untuk belajar memahami karakter orang disertai dengan positif thingking( ga langsung ngehakimin orang karena satu kesalahan.)
  2. Belajar menata ego, ga meledak2 dan ga reaktif dengan masalah yang terjadi. Klo kata orang bijak selesaikan masalah dengan kepala dingin.  
  3. Belajar sabar dan bersyukur (nah lho apa hubungannya??), bersyukur karena kita udah pernah ngerasain dibantu or ngbantu temen dalam satu tim, insyaallah klo cocok ini makin melanggengkan hubungan pertemanan.;)
  4. Belajar untuk obyektif. Hal ini banyak berguna jika kita ketemu pimpinan/leader dan temen yang punya pandangan subyektif. 
  5. Belajar untuk memaafkan diri sendiri dan orang lain. Karena dengan memaafkan kita tinggalkan masa lalu dan merajut masa depan dengan lebih baik, jadikan masa lalu guru yang terbaik. Kesalahan adalah sarana pembelajaran diri. So jangan takut slah dalam kerja, tapi juga ga sungkan untuk memperbaiki dengan segera ya..;)


Sekian dulu, moga berguna.;)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih untuk jejaknya.. ^___^