Sabtu, 12 Mei 2012

Investasi dan Entrepreneurship

Tema blogwalking selama satu minggu ini adalah Financial Planning. Hemmm beraat euy karena banyak tertampar jika melihat pengalaman selama ini. Yup tidak ada kata terlambat untuk lebih baik!!;)

Kali ini bahas tentang investasi dulu ya. Dulu ga kepikiran tuh untuk punya investasi, dalam kamus masa kanak2 sampai dengan awal2 kerja yang sya kenal adalah menabung mau pake celengan ataupun via bank. Dan setelah jadi karyawan selama 5 tahun barulah sya ngeh dengan aktifitas satu ini 'investasi'. Tersadarkan oleh teman yang sudah melaksanakan dengan arahan ortunya.(tahun 2010). FYI saat itu teman sya sudah punya aset properti yang dalam proses akan disewa oleh salah satu Mall besar nan eksis di Indonesia selama 5 tahun dengan nilai 75x jumlah pendapatannya saat itu. Woww.. keren dengan masa kerja hanya selisih 2 tahun dengan sya kualitas  financial planningnya jauuh banget..
 
Langkah awal untuk mendapatkan investasi pertama adalah dengan memulai mem-baik-kan financial planning kami. Belum teratur memang namun jauh lebih baik lah ya. Pembahasan financial planning googling aja yah. Lebih valid dan terbukti.. Untuk sederhananya perlu pemetaan terhadap tujuan keuangan jangka pendek dan panjang, prioritas penggunaan pendapatan yang ada dan juga disiplin diri untuk meniadakan belanja-belanji tak perlu.. Ho ho poin terakhri sering goyah ya sahabat??;) (pengalaman pribadi secara wanita jauh lebih kalap mata:D).

Back to investasi, menurut sya saat ini jenis investasi yang aman dan juga tak menyerempet riba serta menguntungkan adalah Logam mulia dan juga properti. Poin kedua dengan syarat ga pake pinjaman dari bank yah.

Nilai logam mulia akan selalu meningkat atau paling tidak stabil. Sudah terbukti berabad-abad, dulu mata uang menggunakan emas bukan??;). Pembelian logam mulia ini dimulai dari 1 gr, 5 gr, dll. Pembeliannya bisa di toko emas, bank ataupun pegadaian. Bisa juga koq klo mau investasi dalam bentuk perhiasan emas 22 karat untuk lebih mudahnya. Kelebihan jenis investasi ini adalah kemudahan dalam menjual jika dibutuhkan. Memulainya pun mustinya lebih mudah karena nominal untuk pembelian 1 gr berkisar 500-rb an ya.. Nabung beberapa bulan bisa terbeli bukan?? ;). Catatan pembelian Logam mulia cash ya, karena sepemahaman sya pembelian emas secara kredit itu ga boleh(lupa hadistnya, googling aja ya sahabat)..


next review book ;)
Nah, yang kedua properti. Lumayan butuh perjuangan ya untuk bisa mewujudkan minimal upaya menabung bisa 1-5 tahunan. He..he butuh ekstra disiplin, sampai sekarang juga sya belum berhasil.. Alhamdulillah baru berupa tanah yang cukup untuk dibuat sepetak rumah. Nilai properti selalu naik apalagi jika bertempat di daerah yang strategis. Klopun dana belum mencukupi untuk membeli rumah/ruko bellikan lah tanah untuk investasi awal. Cari daerah di pinggiran yang punya kemungkinan untuk berkembang sehingga harga lebih terjangkau. 

Just share, mulailah untuk memotong sebagian pendapatan untuk ditabung di awal bulan/saat terima sallary. Terbukti efektif dibandingkan menyisihkannya di akhir bulan. Dan buatlah akun tabungan yang tak punya atm, sehingga menangkal godaan untuk menggunakannya atas dalih darurat. ;)

Investasi buat sya salah satu bentuk tabungan yang punya kekuatan pertambahan nilai dan berguna bagi masa depan.. Bagaimana menurutmu sahabat??


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih untuk jejaknya.. ^___^