Minggu, 09 September 2012

Hunting buku

Alhamdulillah hujan mengguyur dan menambah sejuk suasana kota Sukabumi.. Segaar, udara setelah hujan memang beda.. Membangkitkan inspirasi..

Mohon maaf ya sahabat jika tulisan sebelumnya tidak mudah dibaca, bikin drafnya dinote hp jadi kurang jeli ngeditnya.. 

Kali ini sya mau berbagi cerita tentang toko buku di Sukabumi.. Berdasarkan info dari teman kerja saat awal datang kemari, ada 3 toko buku yang semuanya bertempat di mall/toserba.. Alhamdulillah ada Kurnia Agung, Karisma dan (pojok) Gramedia[karena kecil banget katanya]. Sedihnya ga ada toko buku favoritku, Togamas.. hiks..

Baru dua toko buku yang sudah sya kunjungi, Kurnia Agung dan Karisma. Kurnia Agung bertempat di lantai satu Plaza Sukabumi Giant Jl. RE. Martadinata. Cukup luas dengan penataan yang nyaman untuk berlama-lama 'ngubek-ngubek' buku. Pembagian perklasifikasi buku jelas(ditandai di atas). Pelayanannya ramah dan kita sebagai pembeli tidak akan merasa dikuntit(diikuti melulu). Alhamdulillah sempet merasakan promo diskon Ramadhan 15% untuk buku-buku Islam yang berakhir 31 Agustus. Lumayan, berhasil mengeksekusi 2 buku ke kasir;).. Keberadaan diskon hanya pada momen-momen tertentu saja, bakalan kangen nih ma Togamas..

Koleksi cerita silat Kho ping Ho ada loh di Kurnia Agung. Mengobati kerinduan kami dengan kisah-kisahnya.. Petualangan Tin-Tin yang diterbitkan ulang pun juga ada.. Koleksi buku Islamnya cukup lengkap dan tertata apik. Pada saat kunjungan kedua dapet biografinya Imam Syafi'i, terbitan Zaman, reviewnya di tulisan selanjutnya ya:). Penempatan buku-buku baru dan best seller di pintu masuk cukup menggoda untuk para calon pembeli. Oh ya, suasananya cukup tenang karena dari beberapa kali kesana ga ada background musiknya. Kurnia Agung juga menyediakan Atk dan pernak-pernik stationeri, dilengkapi juga sedikit mebelair penunjang untuk di kantor seperti meja n kursi kantor, bahkan tersedia juga beberapa jenis printer, fax dan telepon. Hampir 2/3 ruangan dialokasikan untuk buku-buku.. Harga atk dan stationery cukup tinggi menurut sya, tapi alternatif pilihan yang diberikan cukup banyak. Ada dua rak buku khusus yang berisi buku-buku dengan harga miring, komik lama hanya dihargai 2 ribu, namun sayangnya belum ada yang cocok untuk dibawa ke kasir..

Kesan sya, lokasi nyaman, pelayanan ramah bahkan boleh loh kita minta segel plastik dibuka untuk men-scan buku yang mau dibeli dan koleksi buku banyak. Minusnya ga ada diskon tiap harii.. :(..

Toko buku yang kedua, Karisma. Baru satu kali kesini, menempati ruangan lantai tiga Tiara toserba (jalannya lupa). Sedikit lebih kecil dari toko buku pertama, namun tetap nyaman. Salah satu keuntunganya lokasinya bersebelahan dengan food court, klo laper setelah hunting buku ga perlu,khawatir;).. Penataan buku di Karisma memang khas, cukup berbeda wlopun tidak mengurangi kenyamanan. Klasifikasi buku jelas, ditandai di atas rak, rak cukup tinggi diatas 1,5 m.. Buku-buku pengembangan diri terlihat mendominasi di depan pintu masuk, mungkin memang salah satu fokus dari TB ini.. Buku yang tersedia di rak dan meja di depan pintu masuk tidak yang terbaru banget, cukup mengurangi ketertarikan ya(menurut sya loh ya).. 

Buku-buku dari beberapa penerbit baru dan indi terlihat memenuhi rak novel. Saat berkunjung sedang ada promo diskon 15% khusus untuk atk dan stationery.. Alhamdulillah disinilah sya dapatkan komik lama idaman, Harlem beat, komik tentang basket dan persahabatan. Hanya 3 ribu rupiah satuannya, seri 13, 14 & 28 yang tersedia.. Kondisinya bagus meski tak bersegel plastik. Bagian atk dan stationery penataannya sungguh menarik, sayang tidak tertempel harga per item di setiap produknya, harga ditempel di rak. Harganya cukup lumayan.. Kesan awal tempat cukup luas dan nyaman, koleksi buku agak berbeda.. 

Ini cerita di kotaku, bagaimana denganmu sahabat?? ^__^

Published with Blogger-droid v2.0.4

9 komentar:

  1. Awal nikah dl aku sering ke toko buku Islam di kawasan kampus Stesia (lupa namanya). Pastinya murrrah dan lengkap walo klo kesana siap2 kepanasan, hehehe. Klo buku umum, ke toko buku Manyar atau Uranus yg harganya kurleb semurah Toga Mas (tp gak ber-AC). kedua toko tsb cocok unt hunting diktat kuliah :) ke Toga Mas malah jarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu di bandung, sering ke Palasari, daerah penjualan buku(baik asli maupun bajakan) dengan diskon rata 30%.. Klo lagi lapang rezeki pas kuliah n awal kerja suka banget kesana, sma tuh ga pke AC juga tapi tetep aja sukaa bangeet;)..

      Hapus
  2. togamas sering adadiskon ya? hiks disini gak ada togamas

    BalasHapus
  3. Tiap hari mb, minimal 10% tiap buku.. Klo lagi ada promo tertentu bisa jadi lebih besar;).. Mayan kan...

    BalasHapus
  4. Disini adanya gramedia, trimedia ama karisma aja klo yang di mall...wah togamas murah ya mbak? mdh2an ada juga dikotaku dlm waktu dekat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba menurutku togamas murah dan tahu keinginan pecinta buku;).. insyaallah aq bantu doa nya mba..

      Hapus
  5. Kalau di Jogja, selain toko buku Toga Mas, Gramedia ada juga Social Agency. Nah, di social agency ni jg ada diskonnya tiap beli buku minimal 10 % :)
    Ada juga satu lokasi namanya shoping. Ada byk kios yg jual buku. Baik bekas, baru, makalah2, majalah bekas/baru, komik2, dll. Di sini kita bisa nawar buku yg dibeli, tp hrs pinter2 nawar dan milih. Soalnya tidak hanya buku asli tp ada jg yg bajakan :)
    Kalau aku lbh sering ke Gramdia, Toga Mas ama Social Agency :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini ternyata driku belum nemu gramedia Dian.. Klo gitu shoping mirip ma Palasarinya bandung, seru banget loh diskonnya mpe 30%, tp ya itu harus hati2 klo ktemu yang bajakan..

      Hapus
  6. Duh... Memang sih... Di sukabumi nyari toko boku yang diskon susah... :D...

    BalasHapus

Terima Kasih untuk jejaknya.. ^___^