Selasa, 12 Februari 2013

All About Habits

Assalamu'alaikum wr. wb.
Lama tak bersua sahabat, semoga kesehatan dan rahmat Allah senantiasa tercurah pada kita semua..aminn^_^..

klo ga salah pinjam pic dari web penulisnya. :)
Alhamdulillah pagi ini mendapat cash energi positif yang luar biasa dari ceramahnya Ust. Felix Siauw di acara Pejuang Subuh tentang 'Habits', bisa cek di you tube. Ya, ini adalah intisari dari buku ketiga beliau "Habits". Merefresh kembali hasil bacaan tahun lalu. Alhamdulillah ada beberapa kebiasaan baik yang sudah berhasil tertanam sejak menamatkan buku ini. 

--Habits itu hasil pernikahan dari  ayahnya 'latihan' dan ibunya 'repetisi'--
 Orang-orang hebat yang kita kenal memiliki keahlian luar biasa semisal CR7 dengan keahliannya menggocek bola, Bunda Asma Nadia yang begitu piawai merangkai kata. Prestasi-prestasi yang mereka capai saat ini adalah bentuk dari penanaman habits. Mereka melakukan latihan yang berulang-ulang. Jika bercita-cita jadi penulis, maka keahlian menulis harus  terus-menerus diasah tiap harinya, dimulai dengan 1 lembar tiap hari dan tiap minggu kuantitas maupun kualitas ditingkatkan, insyaallah akan mampu menerbitkan buku. Sudah banyak ya, sahabat blogger yang berhasil membuktikannya. Mungkin salah satunya yang sedang baca tulisan ini :D. Ust. Felix menyebutkan untuk menjadi expert seseorang harus melakukan 10.000 jam latihan.

Jadi teringat dengan ibu angkat saya di Bali, beliau telah terlatih bertahun-tahun untuk bangun pagi setiap jam 3 pagi, tanpa alarm selelah apapun kondisinya beliau pasti bangun dan menunaikan shalat malam(kecuali dapat dispensasi ya.. :)). He..he.. kangen deh sama keluarga di Bali. *hilangfokus*

Sebagian besar dari tindakan manusia baik berupa  sifat, karakter maupun respon terhadap masalah adalah wujud dari habits. Termasuk keikhlasan dalam beribadah misalnya bersedekah, jika pada awalnya niat kita dan aktivitas belum sinkron naumn dengan latihan yang berulang-ulang insyaallah keikhlasan itu mampu hadir. 

Barang siapa mau bersusah payah dan membentuk kebiasaan baik maka cita-citanya akan tercapai. Man jadda wa jadda. :). 

Hasil kebiasaan yang terbentuk tentang buku di tahun 2012 :
  1. Menyampul buku
  2. Membiasakan tidak melipat buku di halaman yang sedang dibaca
  3. Membuat resume/note tentang buku yang udah dibaca (termasuk novel) tersimpan acak di berbagai tempat baik diary, inkpad dan memo yang tersimpan di hp. 
  4. Mulai menentukan prioritas dalam membeli buku.. Urutannya sesuai kategori buku Islam, pendidikan, managemen, marketing, motivasi dan novel. :)

Semoga di tahun 2013 lebih banyak lagi yang mampu dicapai, salah satunya mampu baca 100 buku. 









4 komentar:

  1. Balasan
    1. berusaha membiasakan itu seninya :)

      Hapus
  2. Pa kabar dek :).. Kerasa banget efek dari pemahaman buku ini ya jika yg baca mau berubah :)..

    BalasHapus

Terima Kasih untuk jejaknya.. ^___^