Jumat, 30 Agustus 2013

Anak Kos gitu :)

Assalamu'alaikum wr wb..


Alhamdulillah besok week end, tetep semangat teman. Terinspirasi nulis ini saat dengerin Delta FM hari minggu kemarin, ngangkat tema kerjaan rumah tangga yang paling ga disuka. Sebagai anak kos, mau mahasiswi ataupun kerja kantoran begitu sampe pengennya leyeh-leyeh. Nah, kadangkala ada suntuknya kan ngerjain nyuci, ngpel, nyapu dll. He..he.. manusiawi ya.



Pengalaman jadi anak kos dan kerjaan rumah tangga: 


  • Nyetrika 

Dulunya agak anti ma yang namanya nyetrika huhu pegel bo'. Alhamdulillah sudah menemukan cara menikmatinya, caranya saat nyetrika sambil dengerin video inspiratif biasanya sih Inspirasi Iman ataupun Kick Andy. Jadi terhibur dan ga terlalu pegel. Kadangkala alternatif lain sambil dengerin radio. Pegel tetep kerasa tapi riang gembira karena terinspirasi, kadangkala dapet ilmu pula :). Hal terpenting dari acara menyetrika ini adalah JANGAN DITUNDA, langsung kerjakan hari itu juga setelah kering. Klo sudah bertumpuk, yakinlah akan lebih suseeh mengerjakannya. Oh ya lebih afdhol klo ada camilan juga, nyetrika itu menguras energi .. 

  • Nyuci 

Siapa suka maen air?? Ngacung :). Klo masih kicik mah main air ga pake malu ya. Nah, klo dah gedhe gini acara mencuci bisa jadi sarana bermain dengan air. Tapi sedihnya musti hati-hati karena sya punya alergi sama detergen tertentu. Beberapa bulan lalu dapet saran dari Suami untuk nyoba pake Rinso cair(sebut merek :)). Awalnya udah diwarning agak keras di tangan untuk pemakaian pertama-tama plus air yang dingin bisa jadi pemicu timbulnya alergi. Jadi waktu pertama kali nyoba sya nyuci pake sarung tangan, no problemo. Berlanjut sampe beberapa kali dan sarung tangan berlubang, so pake tangan kosong alhamdulillah kondisi tangan baik-baik saja meskipun agak kering. 

kemasan isi ulang only detergen 
Yang bikin acara mencuci lebih asyik karena menghemat waktu, rendam, kucek dan bilas. Cukup dengan 1 tutup botol untuk 20 pakaian. Bersih dan pakaian sudah wangi, oh ya sya pakai yang udah plus softenernya. Hemat waktu banget kan ga perlu rendam softener lagi setelah dibilas yang kedua. Ada juga yang classic alias detergen aja. Kelebihan lainnya hemat air ya, karena busanya ga terlalu melimpah maka acara bilas membilas maksimal dua kali. Minusnya satu bikin kulit tangan kering, buat sya teratasi dengan minyak zaitun. Pernah coba merk lain, dengan harga hampir sama S**lin hasilnya kurang memuaskan dan lebih keras lagi di tangan. Nah, klo nyuci mah lebih enak agak banyakan sekalian capeknya, ga bolak-balik ke air terus.. He..he.. namapun ngekos ya air dipake bersama-sama.. Rinso ini tersedia ukuran 450ml dan 1050 m untuk kemasan botol dan 400ml, 800ml untuk kemasan isi ulang. Kemarin yang isi ulang 400ml harganya Rp. 7.850,- mungkin bisa berbeda di tempat lain ya. 

  • Nyupir alias nyuci piring

Pake sunlight aja nyuci jadi terasa lebih ringan, keset dan wangi. Formula yang sekarang sunlight jeruk nipis 100 lebih lembut di tangan. Dulu sya pilih merk lain M****em*n karena lebih lembut di tangan, hanya hasil kurang mantab klo untuk cucian piring berminyak. Untuk memudahkan selesai acara masak-memasak lebih baik langsung dibereskan cucian piringnya, jadi bisa langsung leyeh-leyeh setelah makan :). 

He..he.. bukan posting berbayar ataupun ikutan kuis. 


4 komentar:

  1. rinso cair jadi andalan ibu rumah tangga juga loh

    BalasHapus
  2. iya yah, emang praktis ya mba :)..

    BalasHapus
  3. assalamualaikum,,,salamkenal ya mbak,,, saya juga disingaraja, di dinas perikanan:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. W'alaikumslm.. maaf bru bls.. lama ga buka blog sendiri .. wah kangeeen ma singaraja.. salam kenal yaa..

      Hapus

Terima Kasih untuk jejaknya.. ^___^