Selasa, 09 Februari 2016

Terlambat Sepuluh Tahun

Assalamu'alaikum ^^

Alhamdulillah segarnya udara pagi mengiringi perjalanan menuju Sukabumi kali ini, sudah ada seratus lebih kali ya hehe. Bagaimana harimu kawan? Semoga penuh semangat dan energi positif untuk berbuat yang terbaik ^^.

Diskusi tentang buku adalah salah satu moment yang ditunggu saat weekend tiba, bersama suami dengan suasana romantis.. Eaaaa... Bab pertama buku "Manajemen Pemasaran" karya Philip Kotler yang jadi bahasan. Pemasaran yang merupakan ujung tombak usaha, erat kaitannya dengan produksi. Kestabilan produksi baik dari sisi kualitas dan kuantitas akan mendukung divisi pemasaran melakukan tugasnya dengan baik. Jika produksi labil baik kualitas maupun kuantitas, maka divisi pemasaran tak akan leluasa melalukan ekspansi, karena untuk mempertahankan pelanggan yang ada saja sudah cukup berat. Penentuan strategi pemasaran harus dilakukan bersama dengan divisi produksi, satu persepsi sehingga arah yanh dituju jelas. Saat diskusi biasanya kami langsung review dengan kondisi kekinian di tempat kerja, jadi terasa sudut pandang kita lebih fresh dalam menghadapi tantangan kedepan.

Bidang yang digeluti suami saat ini adalah produk pertanian sehat, salah satu kebutuhan pokok namun akan segera bergeser. Semakin cerdasnya konsumen, maka kebutuhan mendasar beberapa tahun mendatang bukan lagi produk pertanian "sehat", tapi melangkah pada produk pertanian "organik". Salah satu definisi pemasaran yang menarik disampaikan oleh Peter Druker  " Bapak  Managemen Modern", yaitu menyediakan barang yang dibutuhkan konsumen. Catat ya, dibutuhkan!! Kondisi kita saat ini jauh berbeda dengan orang tua kita, dimana kesehatan menjadi lebih mahal, karena pengaruh lingkungan yang semakin padat dan rusak, serta banyak faktor lainnya. Produk pertanian organik, akan diburu tentunya, saat ini segmen menengah atas gaya hidup organik sudah menggejala. Bisa dicek deh via mbah google, instagram cari olahan organik bukan hal sulit saat ini.

Sepertinya cukup dulu ya, keterbatasan pemahaman dan kosakata nih.. Hehhe.. Aslinya mah lebih banyak lagi yang kita bahas, seruuu deh. Buat sya terbantu banget bisa dapat cerita plus diskusi seperti ini. Pembahasannya ga kaku, sudut pandang meluas, contoh nyata peristiwa kekinian bisa kita ulik pas/gak nya dengan teori.

Satu hal yang kami sadari dari diskusi tadi malam, bahwa buku "Manajemen Pemasaran" karya Philip Kotler ini diterbitkan sepuluh tahun yang lalu, masih sangat relevan dengan kondisi saat ini. Luar biasa ya, pemikiran yang mendalam dan bermanfaat dengan tersebarnya buku ini ke seluruh penjuru dunia. Satu hal yang menohok, telat banget kami baru bahas hal ini sekarang, orang lain mah udah kemanaaaa.... Ups, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali ^^. Betul?? Yuhuuu mumpung masih pagi #yukngopi #yukbaca ^^

Met beraktivitas kawan ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih untuk jejaknya.. ^___^