Kamis, 02 Juni 2016

Marhaban Ya Ramadhan

Assalamu'alaikum teman 😊

Alhamdulillah semakin dekat dengan bulan penuh keberkahan, Ramadhan 😍. Semoga Allah perkenankan kita mengkhusyukan diri beribadah mendekat pada-Nya. Aamiin.

Tinggal menunggu hari aja, kayaknya kurang tepat ya jika bicara persiapan menyambut Ramadhan. Tapi "better late than never" kan??? 😉. Mari ceki-ceki beberapa hal ini :

1. Hutang puasa?? Alhamdulillah sudah lunas, ga sampai hari-hari akhir tapi masuk mendekati sebulan terakhir. Noted tak boleh diulang untuk selanjutnya!!!

2. Niatkan sukses Ramadhannya, luruskan dan tuliskan. Ya!! Beda lho efek rencana yang tertulis dengan hanya tersempil di bagian otak nan penuh sesak. Alhamdulillah done 😉. Berdasarkan pengalaman masa lalu, namanya rencana butuh target yang terukur. Musti jelas yang mau dicapai apa. Contohnya kayak poin selanjutnya ya.

3. Mulai dengan perbaikan ibadah Maghdah ya :

A. Doa. Tinggal minta apa susahnya? Susahnya itu kadangkala manusia sering sombong yak #nunjukdiri ,, merasa cukup dan sombong untuk meminta. Minimal dalam sehari sediakan waktu setelah shalat untuk berdoa yang khusyuk, benar-benar minta, ngobrol dari hati. Doakan yang terbaik untuk orang tua, suami, anak, adik/kakak, keluarga besar, sahabat, umat Islam terutama di bagian dunia yang terjajah secara fisik dan tersebarnya dakwah Islam sampai tertegakkannya seluruh aturan Islam dimuka bumi.

B. Dzikir, mengingat Allah. Utamakan istighfar, karena sungguh tak ada jaminan apakah niat kita lurus, amal ibadah kita diterima, ataukah keikhlasan hadir/tidak dalam amal yang dilakukan. Minimal 70x setiap harinya, Rasulullah aja yang dijamin surga selalu minta ampun kepada Allah. Lha saya???

C. Tilawah Qur'an. Hati yang sering galau, baper itu bisa bertambah gulana jika makin jauh dari membaca Kalam-Nya. Bismillahirahmanirrahim diniatkan bisa 1 juz tiap harinya. Dan semoga setelah tuntas 30 hari, bisa berlanjut. Jujur masih PR banget di hari-hari biasa. 😭😭😭.

D. Shalat Sunnah nya di-istiqomahkan tiap hari ya untuk Dhuha dan Tahajjud. Waktu-waktu istimewa untuk dapet tempat terbaik dihadapan Allah. 😊

E. Shalat wajib di awal waktu (hampir terlewatkan!!!). Godaannya di waktu Maghrib ya 😅, bismillahirahmanirrahim diniatkan minimal bisa tepat di 4 waktu shalat.

4. Habblumminallahnya baik Alhamdulillah 😊😊, nah perbaiki juga ya habblumminannas nya. Beberapa hal utama :

A. Lebih sering berkomunikasi dengan orang tua. PR banget. Faktanya lebih sering pantau wa/line untuk cek jualan dibanding telp/SMS bapak-ibu. Semoga minimal dua hari sekali bisa nelp nanya kabar ke mereka.

B. STOP GHiBah!!! Baik offline maupun online. Yakin amal ibadahmu udah banyak bergunung-gunung neng??? Gak kan? So stop, jikapun belum sanggup untuk menstop/mengingatkan, maka  tersenyumlah pada temanmu dan cobalah mengalihkan pembicaraan ke hal lain yang bermanfaat.

C. Bersedekah. Usahakan tiap hari ya. Bukan masalah nilai sedekahnya, tapi upaya untuk mengistiqomahkan lah yang lebih penting. Tipsnya, sediakan kurma (3-5butir) siapkan dalam kantong plastik kecil, masukkan dalam tas 5-10 kantong tiap harinya. Berikan pada siapapun yang kamu temui hari itu. Inget deh hadist ini :
" Barangsiapa memberikan makanan untuk berbuka kepada yang puasa, maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang puasa tanpa mengurangi pahala orang yang puasa itu sedikit pun.” (HR. Tirmidzi. Ia berkata: “Hadits ini hasan shahih.”). Masya Allah luar biasa. p

5. Upgrade diri! Lakukan hal ini ya neng :

A. Halaqah/liqo mingguan. Menuntut ilmu itu hukumnya fardhu 'ain untuk ilmu agama. Sediakan waktu khusus minimal seminggu sekali untuk mengkaji Islam. Terasa banget jika libur halaqah ada aja kelalaian untuk berlama-lama dalam hal yang mubah, hingga terlewat ibadah wajib/Sunnah. Yuk perbaiki.

B. Baca buku. Pilih tiga buku yang ingin kamu tuntaskan selama sebulan. Buat review/ringkasannya agar semakin membekas ilmu yang didapat.

C. Mulailah untuk berkontribusi dalam dakwah. Sampaikanlah walau satu ayat. Mengingatkan untuk kebaikan itu niatnya baik, hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah dengan cara yang baik pula. Dakwah dari hati akan sampai ke hati 😊..

6. Atur ulang managemen belanja-masak, beberes rumah. Iya dengan waktu yang terbatas dan banyaknya pekerjaan rumah yang menunggu butuh managemen yang baik kan. Atur dan siapkan menu mingguan (tuliskan), memudahkan belanja dan memasak, hemat waktu dan energi jadinya 😄. Efektifkan waktu badha shubuh, setelah tilawah gunakan untuk nyuci + nyetrika mumpung masih full energi hehhe.

Sementara cukup sekian dulu ya.. Semoga bisa terlaksana dengan lebih baik lagi. Ramadhan sukses, menjadi istri & muslimah nan shalihah. Aamiin.

#ntms
#ramadhan
#plan
#tpow
#semingguduakalinulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih untuk jejaknya.. ^___^